PERSYARATAN LAYANAN WISATA ARSIP
 

NO.
Komponen
Uraian
1
Dasar Hukum- Undang-undang No. 43 Tahun Tahun 2009 tentang Kearsipan;

- Peraturan Bupati Cilacap No. 85 Tahun 2019 tentang Pedoman Akses dan Layanan Arsip Dinamis dan Statis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap
2
Persyaratan Pelayanan- Warga Negara Indonesia dan/atau Warga Negara Asing
- Memiliki identitas yang masih berlaku
- Warga Negara Asing mempunyai surat izin dari lembaga yang berwenang
- Wajib mentaati peraturan tata tertib yang berlaku
3
Sistem Mekanisme dan Prosedur- Pemohon mengajukan permohonan kunjungan wisata arsip
- Kabid Kearsipan menerima dan memberi keputusan terkait pengajuan permohonan wisata arsip
- Kasi Pelayanan dan Pemanfaatan Kearsipan membaca keputusan terkait pengajuan permohonan wisata arsip
- Arsiparis/pelaksana memberikan jawaban kepada pemohon
- Wisatawan Arsip/Visitor mengisi buku kunjungan wisata arsip dan menyerahkan daftar peserta wisata arsip
- Arsiparis/pelaksana menyiapkan studio wisata arsip dan perangkanya
- Arsiparis/pelaksana memandu proses wisata arsip (pemutaran film dan foto)
- Wisatawan Arsip/Visitor mengisi buku kesan dan pesan di buku yang telah disediakan
- Arsiparis/pelaksana membuat laporan
4
Jangka Waktu PenyelesaianDalam masa PPKM pelayanan wisata arsip berlangsung ± 45 menit/layanan sedangkan dalam masa normal berlangsung ± 90 menit/layanan
5
Biaya/tarifGratis
6
Produk Pelayanan- Laporan tentang pelaksanaan wisata arsip
- Buku kunjungan wisata arsip
- Buku kesan dan pesan wisata arsip
7
Sarana, Prasarana/Fasilitas- Ruang wisata arsip (pemutaran film) ber AC
- Ruang wisata arsip (foto) ber AC
- Ruang parkir kendaraan
- Toilet
- Kotak Pengaduan
- Internet gratis
8
Kompetensi Pelaksana- Mengetahui tentang arsip dan kearsipan
- Mengetahui tentang arsip dan kearsipan
9
Pengawasan Internal- Pengawasan internal dilakukan secara langsung ketika terjadi pelayanan wisata arsip dan secara tidak langsung (melalui laporan) pelayanan wisata arsip
- Pengawasan dilakukan oleh Kasi Pelayanan dan Pemanfaatan Kearsipan, Kabid Kearsipan dan Kadis Arpus
10
Penanganan Pengaduan, saran dan masukan
- Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung ataupun ditampung melalui kotak pengaduan
11
Jumlah Pelaksana- Pelaksana terdiri dari 6 (enam) orang arsiparis dan enam orang pelaksana non arsiparis
12
Jaminan Pelayanan- Mengetahui sejarah Kabupaten Cilacap
13
Jaminan Keamanan dan Keselamatan- Pelayanan bebas pungli
14
Evaluasi Kinerja Pelaksana- Adanya Survey Kepuasan Masyarakat


Sumber Data Dinas Arpus Kab. Cilacap