PERSYARATAN LAYANAN PEMINJAMAN ARSIP
 

NO.
Komponen
Uraian
1
Dasar Hukum- Undang-undang No. 43 Tahun Tahun 2009 tentang Kearsipan;
- Peraturan Bupati Cilacap No. 85 Tahun 2019 tentang Pedoman Akses dan Layanan Arsip Dinamis dan Statis di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Cilacap
2
Persyaratan Pelayanan- Warga Negara Indonesia dan/atau Warga Negara Asing
- Memiliki identitas yang masih berlaku
- Warga Negara Asing mempunyai surat izin dari lembaga yang berwenang
- Wajib mentaati peraturan tata tertib yang berlaku
Persyaratan arsip yang dipinjamkan
- Arsip dinamis dan arsip statis yang bersifat terbuka
- Arsip dinamis dan arsip statis yang bersifat tertutup yang dikecualikan
- Kondisi fisik dan informasi arsip dalam keadaan baik
- Norma, Standar, Prosedur dan Kriteria (NSPK) dengan memperhatikan faktor keamanan dan menjamin perlindungan serta pelestarian arsip
3
Sistem Mekanisme dan Prosedur- Pemohon mengajukan permohonan pinjam arsip
- Kabid Kearsipan menerima dan memberi keputusan terkait pengajuan permohonan pinjam arsip
- Kasi Pelayanan dan Pemanfaatan Kearsipan membaca keputusan terkait pengajuan permohonan pinjam arsip
- Kasi Pelayanan dan Pemanfaatan Kearsipan memberikan jawaban kepada pemohon
- Arsiparis/pelaksana mencatat arsip pada buku peminjaman arsip setelah memeriksa kelengkapan identitas pemohon
- Arsiparis/pelaksana menyiapkan/mengambil arsip yang dipinjam
- Arsiparis/pelaksana mengembalikan arsip yang dipinjam setelah selesai
- Arsiparis/pelaksana membuat laporan
4
Jangka Waktu PenyelesaianPelayanan peminjaman arsip dapat dilayani pada jam kerja, yaitu 7,5 jam/hari
5
Biaya/tarifGratis
6
Produk Pelayanan- Buku peminjaman arsip
- Laporan tentang peminjaman arsip dinamis dan arsip statis yang bersifat terbuka
- Laporan tentang peminjaman arsip dinamis dan arsip statis bersifat tertutup yang dikecualikan
7
Sarana, Prasarana/Fasilitas- Ruang tunggu ber AC
- Ruang parkir kendaraan
- Toilet
- Kotak Pengaduan
- Internet gratis
8
Kompetensi PelaksanaMengetahui tentang arsip dan kearsipan
9
Pengawasan Internal- Pengawasan internal dilakukan secara langsung ketika terjadi pelayanan peminjaman arsip dan secara tidak langsung (melalui laporan) pelayanan peminjaman arsip
- Pengawasan internal dilakukan oleh Kasi Pelayanan dan Pemanfaatan Kearsipan, Kabid Kearsipan dan Kadis Arpus
10
Penanganan Pengaduan, saran dan masukanPengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan secara langsung ataupun ditampung melalui kotak pengaduan
11
Jumlah PelaksanaPelaksana terdiri dari 6 (enam) orang arsiparis
12
Jaminan PelayananWaktu pencarian arsip 5 (lima) menit
13
Jaminan Keamanan dan KeselamatanPelayanan bebas pungli
14
Evaluasi Kinerja PelaksanaAdanya Survey Kepuasan Masyarakat


Sumber Data Dinas Arpus Kab. Cilacap