Dinas Arpus Cilacap Gelar Lomba Bercerita tingkat SD/MI

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap, Supriyanto (kedua dari kiri) membuka Lomba Bercerta tingkat SD/MI tingkat Kabupaten Cilacap

 

CILACAP – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Daerah Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa-siswi SD/MI Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019 yang diselenggarakan di ruang Sekar Ageng Fave Hotel Cilacap, Senin (1/4/2019).

Ketua Panitia Penyelenggara Handari mengatakan, kegiatan ini diikuti 24 siswa perwakilan tiap kecamatan, dengan tujuan menumbuh kembangkan budaya gemar membaca, menanamkan cinta kebudayaan bangsa, dan menumbuh kembangkan kecintaan anak-anak akan karya budaya nusantara.

“Selain itu juga untuk mendukung upaya pelestarian dan pengembangan pesan-pesan dan sepirit serta nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerita sebagai salah satu kekayaan bangsa” kata Handari.

Ketua Penyelenggara Lomba Bercerita, kegiatan ini diselenggarakan untuk memanamkan budaya gemar membaca dan cinta karya budaya nusantara

 

Sementara itu, Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan budaya gemar membaca melalui berbagai kegiatan pendukung pendidikan karakter, kecerdasan, inovasi, serta daya kompetetif bangsa, serta menjadi bagian dari implementasi learning by doing atau belajar sambil melakukandengan dasar literasi.

“Pembudayaan dan kegemaran membaca adalah dua hal yang bersinergi dan menjadi faktor penting bagi suatu bangsa atau generasi dalam membangun karakter bangsa” ungkap Supriyanto.

Lomba Bercerita tingkat SD/MI diikuti 24 peserta perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Cilacap

 

Supriyanto menambahkan, sebagai agenda tahunan dari program Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Lomba Bercerita ini merupakan lomba berjenjang yang  menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah Kabupaten Cilacap, karena pada kegiatan yang sama tahun 2018, perwakilan Cilacap berhasil menjadi juara kedua tingkat provinsi.

Terkait dengan kebijakan Bangga Mbangun Desa, melalui Perpustakaan Daerah pihaknya  terus berinovasi untuk mengembangkan liteasi di daerah, salah satunya melalui kegiatan lomba Bercerita tingkat SD/Mi yang digelar tiap tahun. (wid_gs/kominfo)