Dinas Arpus Cilacap Gelar Lomba Tertib Arsip Desa Tahun 2019

 

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji menyerahkan Piala kepada Juara Lomba Tertib Arsip Desa tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019

 

CILACAP – Guna meningkatkan kualitas pengelolaan arsip dan meningkatkan tertib arsip, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Cilacap menyelenggarakan Lomba Tertib Arsip Desa Tahun 2019. Kegiatan ini diikuti 21 desa, perwakilan tiap kecamatan.

Kepala Dinas Arpus Kabupaten Cilacap, Supriyanto mengatakan kegiatan ini merupakan agenda yang rutin digelar tiap tahun. Tujannya untuk memberikan pemahaman kepada petugas pengelola arsip, mengenai pentingnya tertib arsip.

Lomba ini juga sebagai bentuk apresiasi terhadap desa yang mampu mewujudkan perpustakaan dengan standar nasional taat asas, profesional, dan mampu memberikan pelayanan prima. Sehingga meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam pemanfaatan Perpustakaan sebagai pusat belajar mandiri.

Tahapan dimulai sejak Januari 2019 diawali pengiriman dan pengisian kuisioner, dan dilanjutkan penilaian kuesionoer pada Februari. Pada bulan Maret, tim penilai kemudian melakukan pantauan lapangan ke beberapa desa dengan nilai kuesioner terbaik, dan menentukan juara.

“Ada beberapa tahap yang dilalui, tiap perwakilan mengisi kuisioner yang kami kirimkan. Enam peserta dengan nilai kuisioner tertinggi, akan ditindaklanjuti dengan tinjauan lapangan”, jelasnya.

 

Salah satu tahapan penilaian, yakni kunjungan lapangan ke Perpustakaan Desa Karangpucung Kecamatan Karangpucung

 

Supriyanto berharap, lomba ini dapat meningkatkan kreativitas pengelola Perpustakaan Desa, dalam meningkatkan mutu dan intensitas pelayanan perpustakaan bagi masyarakat perdesaan. Pada perlombaan ini, tim penilai memilih tiga perpustakaan desa dengan nilai tertinggi.

Piala dan piagam tersebut diserahkan secara simbolis oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji kepada perwakilan juara, usai upacara peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke – 163, di halaman Pendopo Wijayakusuma Cilacap.

Juara I yaitu Desa Wlahar Kecamatan Adipala, mendapatkan trophy, piagam, dan satu unit laptop. Sedangkan juara kedua yakni Desa Karangpucung Kecamatan Karangpucung, mendapatkan hadiah berupa trophy, piagam, dan satu unit laptop. Juara ketiga Desa Rungkang Kecamatan Gandrungmangu, mendapat trophy, piagam, dan satu unit kamera.(dn_kominfo)