• September 5, 2017
  • Berita, Layanan, Uncategorized
  • Comments Off on Perpustakaan Kabupaten Cilacap Menayangkan 1.500 eksemplar buku Bantuan Perpusnas RI 2017

Perpustakaan Kabupaten Cilacap Menayangkan 1.500 eksemplar buku Bantuan Perpusnas RI 2017

Dalam rangka memenuhi kebutuhan para pemustaka, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada bulan Februari 2017 telah memberikan bantuan buku kepada Pemerintah Kabupaten Cilacap khususnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap sebanyak 750 judul 1.500 eksemplar. Bantuan telah diterima oleh Kasi Pengadaan, Pengolahan dan Pelestarian Bahan Pustaka Bapak Ngadiyo, S.Sos, MM. Untuk selanjutnya agar dapat dimanfaatkan oleh pemustaka buku-buku tersebut harus diolah dengan beberapa tahapan seperti Mengecek Buku, Menyetempel Buku baik berupa cap Inventaris maupun cap identitas, Memberikan Subjek Buku, Pelabelan buku, Pengentrian buku menggunakan Aplikasi Inlislite Versi 3, Pemberian Barcode dan yang terakhir adalah penyampulan.

Menurut Bapak Ngadiyo, pengolahan bahan pustaka tidak sekedar diterima lalu dipinjamkan kepada pemustaka, namun harus melalui beberapa tahapan seperti yang telah disebutkan diatas, apalagi di Perpustakaan Kabupaten Cilacap sudah menggunakan aplikasi online menggunakan aplikasi InlisLite Versi 3 dimana aplikasi tersebut sudah terhubung langsung dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Dengan adanya aplikasi online Inlislite Versi 3 diharapkan para pemustaka dapat dengan mudah untuk mengetahui keberadaan koleksi yang ada di perpustakaan melalui OPAC yang tersedia hanya dengan mengakses di link http://elibrary.perpusda-cilacap.com/

Setelah melalui beberapa tahapan tersebut mulai Agustus 2017 yang lalu kini pemustaka sudah dapat menikmati buku baru bantuan dari perpusnas, menurut Bapak Ngadiyo “Target pengolahan bahan pustaka sebenarnya sampai akhir tahun, namun dapat diselesaikan bulan Juli Akhir, ini berkat kerjasama yang baik antara semua pihak yang telah membantu baik pejabat struktural, fungsional (Pustakawan) maupun petugas teknis di Perpustakaan. Semoga kedepan Perpustakaan Kabupaten Cilacap akan selalu dihati masyarakat dan akan selalu berusaha menjadi Pusat Pembelajaran Sepanjang Hayat, sesuai dengan Misi Perpustakaan. (CDA)

 


Comments are closed.