Perpusda Terus Sebarkan Semangat Membaca

BUKU adalah jendela dunia. Buku membuka banyak pengetahuan untuk menguak beragam pengetahuan lintas displin. Di sisi lain, tanpa dibaca, buku hanya akan menjadi setumpuk kertas terjilid yang usang di makan waktu tanpa guna.

Semangat untuk membuat geliat baca pun dilakukan pembuat kebijakan untuk mencegah hal seperti itu. Termasuk oleh Pemkab Cilacap melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah. ”Kami berusaha mendorong semangat baca menyebar dari kota sampai ke wilayah pelosok,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Cilacap, Supriyanto.

Dikatakan, beragam upaya untuk mewujudkan semangat ini dilakukan. Di kantor perpustakaan, puluhan ribu buku yang terstruktur dan terkomputerisasi siap menunggu pembaca. Mobil perpustakaan daerah berkiling di wilayah perkotaan.

Pendirian perpustakaan desa/kelurahan dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) juga didorong. ”Kami upayakan buku bisa dijangkau dari kota sampai desa melalui beragam upaya. Ini agar budaya membaca tersebar sampai ke pelosok,” katanya.

Untuk mewujudkan ini salah satu upaya adalah digelarnya program PerpusSeru yang bekerja sama dengan Coca-Cola Foundation Indonesia. Termasuk dalam program ini adalah diberikannya pendampingan terhadap perpustakaan desa dalam bentuk pelatihan dan mentoring.

Ini dilakukan untuk meningkatkan keterjangkauan buku, akses dan penggunaan layanan komputer dan internet oleh masyarakat, serta bagaimana memfasilitasi kebutuhan masyarakat akan sumber informasi dan pengetahuan melalui kegiatan yang melibatkan masyarakat.

”Tujuannya adalah mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat dengan mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan,” kata Supriyanto. Untuk wilayah Cilacap, saat ini sudah ada sejumlah perpustakaan desa yang dijadikan model.

Termasuk adalah perpustakaan Desa Adipala, Kecamatan Adipala, Desa Mernek, Kecamatan Maos, Desa Mulyadadi, Kecamatan Cipari, Desa Danasri Lor, Kecamatan Nusawungu, Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, Desa Kesugihan Kidul, Kecamatan Kesugihan, Desa Klaces, Kecamatan Kampunglaut, Desa Tinggarjaya Kecamatan Sidareja, Desa Padangjaya, Kecamatan Majenang, Desa Sikampuh, Kecamatan Kroya dan TBM Bale Sinaoe, Kecamatan Cimanggu.

”Terkait HUT Ke-161 Cilacap kemarin juga diserahkan bantuan komputer untuk lima perpustakaan desa yang penyerahannya disampaikan bupati pada upacara peringatan hari jadi Kabupaten Cilacap,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap itu. Dengan kebijakan-kebijakan seperti itu, maka semangat membaca berusaha dikobarkan bukan hanya di wilayah perkotaan. Ini untuk mendorong meratanya budaya membaca. (33)

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/perpusda-terus-sebarkan-semangat-membaca/