Perpusda Cilacap terus upayakan gemar membaca

CILACAP – Keberadaan Perpustakaan Desa diharapkan bisa ikut membantu, menumbuhkan minat baca masyarakat di Kabupaten Cilacap. Kepala Badan Diklat Arsip dan Perpusda Cilacap, Tulus Wibowo mengatakan, sampai saat ini dari sekitar dua juta penduduk Cilacap, yang memiliki kegemaran membaca baru sekitar 200 orang atau 0,01 persen.

Tulus menambahkan, untuk terus bisa menumbuhkan minat membaca di semua kalangan masyarakat Cilacap. Perpusda mengupayakan beberapa langkah diantaranya, para pengelola Perpustakaan Desa senantiasa diberikan bimbingan dan pembinaan. Mulai dari layanan, teknis penjadwalan dan penghitungan buku, kemudian peminjaman dan pengembalian buku.

Selain itu, Perpusda juga memberikan layanan silang kepada Perpustakaan Desa. Yaitu satu sistem dimana Perpusda Cilacap memberikan pinjaman buku dalam jumlah banyak, bisa mencapai 100 hingga 200 buku. Serta dalam jangka waktu lama bisa sampai satu bulan, bahkan dapat diperpanjang.

Rencananya, tahun ini Pemkab Cilacap akan menambah dua unit mobil perpustakaan keliling, untuk menjangkau sejumlah desa yang membutuhkan layanan perpustakaan. Hingga saat ini sudah sekitar 50 persen desa-desa di Cilacap yang mendirikan perpustakaan. Diharapkan nantinya kegemaran membaca bisa merambah seluruh kalangan masyarakat. Karena banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan membaca. Yakni menambah pengetahuan dan wawasan, serta dapat melihat suatu permasalahan dari sudut pandang yang berbeda. (ris)