ARSIPARIS, PUSTAKAWAN, KASI DAN KEPALA KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN/KOTA SE JATENG, IKUTI

ARSIPARIS, PUSTAKAWAN, KASI DAN KEPALA KANTOR ARSIP DAN PERPUSTAKAAN KABUPATEN/KOTA SE JATENG, IKUTI RAKOR DI CILACAP

CILACAP – Sejumlah 105 insan-insan Arsiparis, Pustakawan, Kasi dan Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan dari lingkungan kantor Arsip dan Perpusda Kabupaten/Kota se Jawa Tengah, mengikuti rapat koordinasi kearsipan dan perpustakaan, di Bandiklat Arsip dan Perpusda Cilacap.

Rakor dibuka oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, di aula Bandiklat Arsip dan Perpusda Cilacap, Minggu (02/11) malam,  dihadiri Kepala Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Sekretaris, Drs. Agus Waluyo,MM.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Badan Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah Drs. Agus Waluyo, MM mengukuhkan Forum Komunikasi Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.

Forum Komunikasi Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, diketuai H. Suradi, SPd, MPd dan Sekretaris Bambang Kunhantiyo, SH, MM. Pengukuhan disaksikan oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji.

Menurut Kepala Bandiklat Arsip dan Perpusda Kabupaten Cilacap, Tulus Wibowo, rakor sebagai upaya mengkoordinasikan pelaksanaan program-program arsip dan perpustakaan, agar pelaksanaan program dan kegiatan tersebut, dapat berjalan dengan baik, sesuai dengan prioritas untuk menuju sinergitas antara Badan Arsip dan perstakaan Provinsi Jawa Tengah dengan kantor Arsip dan perpustakaan Kabupaten/kota se Jawa Tengah.

Kegiatan ini juga bertujuan sebagai forum informasi dan komunikasi untuk meningkatkan jalinan komunikasi yang lebih baik dan sekaligus sebagai upaya sosialisasi berbagai kebijakan dan strategi yang terkait dengan arsip dan perpustakaan, serta guna menjalin silaturahim antara insan arasip dan perpustakaan se Jawa Tengah.

Kegiatan rakor yang berlangsung selama empat hari hingga Selasa (04/11) diikuti para Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan, Kepala Seksi, Arsiparis dan pustakawan dari Kabupaten/kota se Jawa Tengah, dikemas dalam berbagai kegiatan, mulai dari sidang dan rapat koordinasi, kegiatan outbond di Teluk Penyu dan Benteng Pendem serta paparan program.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatan tersebut mengemukakan, arsip merupakan bukti autentik dalam mempertanggung jawabkan berbagai kegiatan yang telah dilakukan. Keberadaan arsip merupakan salah satu sumber informasi, sekaligus sebagai tulang punggung management, yang dapat dijadikan ukuran dalam menentukan keberhasilan suatu organisasi dan lembaga.

Lebih lanjut dikatakan, arsip mempunyai nilai dan arti penting, karena merupakan bahan autentik resmi mengenai penyelenggaraan administrasi pemerintahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. (hromly)