SEKRETARIS DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSAKAAN MENGHADIRI UNDANGAN PEKAN RAYA BATANG 2019

DINAS ARPUS – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kab. Cilacap datang untuk memenuhi undangan pembukaan pekan raya Batang 2019 yang di dihadiri Sekretaris Dinas Ibu Ir. Betty Kusumaningrum, M.M. ,Kasi Pelayanan Informasi dan Promosi Perpustakaan Ibu Siawa Syainur, S.E. dan Staf Ganang Nurdiana, S.kom. di Jalan Vetaran Batang Selasa, (30/7/2019).

Untuk menarik minat masyarakat dalam membaca pembukaan Pekan Raya Batang 2019 digelar lebih meriah. Pembukaan dimeriahkan dengan pembacaan dongeng cerita anak Timun emas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Uni Kuslantasi Wihaji dengan diperankan oleh siswa SDN Kauman 7, serta ditutup dengan pesta kembang api.

“Kalu sekedar pameran buku saya rasa penontonya tidak seramai ini, tapi dikemas dengan pasar raya multi produk sehingga ada daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang pingin membeli produk dan buku,” tutur Bupati Batang Bpk. Wihaji usai membuka Pekan Raya Batang 2019 multi produk 2019.

Wihaji mengatakan pekan raya ini tetap menyemangatkan budaya literasi membaca buku yang sudah digelar kedua kali dimana setiap tahun lebih meriah inovatif, kreatif dengan menggandeng satuan pendidikan.

“Dengan melibatkan satuan pendidikan yang menampilkan dongeng cerita dan tarian sangat menarik, karena budaya ini sudah mulai ditinggalkan,” jelasnya.

Menurutnya di Kabupaten Batang literasi dan budaya membaca mulai tumbuh, terutama di satuan pendidikan atau sekolah – sekolah.

“Memang ada beberapa perusahaan yang menyisihkan Corporate Social Responsibility (CSR)nya melakukan pendampingan terhadap literasi di barbagai sekolah dan desa,” ujarnya.

Ia juga menegaskan gerakan satu Aparatur Sipil Negara (ASN) satu buku merupakan contoh kepada masyarakat, karena kalau menyerukan gerakan tanpa memberikan contoh masyarakat sulit untuk meniru.

“Masyarakat sekarang itu cerdas, sehingga harus ada sejarah sukses atau contoh, jangan ngomong saja, maka dari itu kita selaku ASN memberikan contoh yang diharpkan menjadai gerakan tahunan,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Batang Rahmat Nurul Fadilah menjelaskan Pekan Raya ini akan berlangsung selama 7 hari mulai 30 Juli hingga 5 Agustus mendatang.

“Selama pekan raya berlangsung digelar aneka lomba untuk pelajar sekolah, workshop dan mendongeng bersama Bunda Literasi Batang, Festival Dolanan anak,” jelasnya.

Disampaikannya, yang tak kalah menariknya dan dinanti oleh pelaku atau pegiat lietarsi yakni Malam Gemilang Nugra Jasa Dharma Pustaloka 2019, dimana menjadi malam apresiasi untuk masyarakat pegiat literasi di Batang.