KEPALA DINAS ARPUS RESMIKAN GRAMEDIA CILACAP

Minat baca warga Cilacap saat ini akan terpuaskan dengan hadirnya Toko Buku Gramedia di kota yang ber-tagline Cilacap Bercahaya ini. Warga kini tak perlu lagi pergi keluar kota hanya untuk membeli buku. Antusiasme warga terlihat saat pembukaan perdana Toko Buku Gramedia, Sabtu (29/6). Warga bahkan rela mengantre untuk masuk ke dalam toko tersebut. Larasati, warga Cilacap mengaku sangat senang dengan kehadiran toko buku di Cilacap. Pasalnya, dia yang satu bulan bisa menghabiskan empat buku lebih ini membeli buku di luar kota. “Kalau mau beli buku ya harus ke luar kota, dengan adanya toko buku ini jadi memudahkan untuk membeli buku yang kita inginkan,” katanya. General Manager Marketing Gramedia Yola Putrianie mengatakan, toko buku di Cilacap merupakan toko ke-118 yang dibuka di seluruh Indonesia. Pembukaan toko buku ini sebagai komitmen Gramedia untuk ikut mencerdaskan bangsa.
“Kami berkomitmen ikut mencerdaskan bangsa Indonesia dengan menyediakan buku-buku yang bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, dan harapan kami minat baca bisa bertumbuh terutama di Cilacap,” katanya, pada pembukaan Toko Gramedia Cilacap. Kedepan, untuk menarik minat baca masyarakat, akan ada berbagai kegiatan yang digelar Mulai berbagai lomba melukis, demo masak bagi ibu rumah tangga, mengadakan try out bagi siswa. Selain itu juga akan menggandeng komunitas literasi yang ada di Cilacap. “Sangat memungkinkan jika dikemudian hari ada bedah buku atau meresensi buku bareng komunitas literasi,” katanya.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap, Supriyanto mengatakan dengan kehadiran toko buku di Cilacap akan meningkatkan minat baca masyarakat. “Dengan kehadiran Gramedia di Cilacap bisa menjadi daya ungkit masyarakat dalam membaca,”. Menurutnya, dalam mencerdaskan bangsa bukan hanya sekadar membaca, tetapi juga perlu mengeksplore. Berbeda juga ketika membaca di media online, dengan membaca secara fisik, karena akan memiliki daya lekat kuat ketika membaca buku.