PERPUSNAS RI SOSIALISASIKAN BUDAYA GEMAR MEMBACA

Dinas Arpus – Guna meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Cilacap, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyosialisasikan pembudayaan gemar membaca. Acara dibuka Asisten Administrasi dan Umum Sekda Cilacap, Indro Cahyono, didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Cilacap Supriyanto, S.H.,M.Si.

Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Jalabumi Setda Cilacap, Selasa (18/6/2019) diikuti guru-guru dari jenjang TK/PAUD hingga SMA, penggiat literasi, dan media. Selain meningkatkan minat baca, kegiatan ini juga bertujuan mempromosikan pentingnya peran perpustakaan dalam membangun kompetensi, produktivitas, serta kreativitas masyarakat.

“Juga memotivasi masyarakat untuk membiasakan diri membaca buku bacaan atau media informasi lainnya untuk membuka wawasan dan keterampilan diri untuk menopang kehidupan sehari-hari”, Kata Kepala Dinas Arpus Cilacap, Supriyanto.

Asisten Administrasi dan Umum, Drs. Indro Cahyono saat membacakan sambutan Bupati Cilacap mengungkapkan, minat baca masyarakat memang perlu ditingkatkan. Sebab salah satu permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia adalah rendahnya minat baca masyarakat. Hal ini terbukti dari hasil berbagai survei yang menempatkan Indonesia pada peringkat bawah”, pungkasnya

“Masyarakat Indonesia lebih menyukai tontonan televisi dan permainan game, dari pada membaca buku. Ini menjadi perhatian bersama. Kita harus terus berupaya agar minat baca masyarakat makin meningkat”, kata Indro.

Sementara itu Kepala Bidang Pengkajian dan Pemasyarakatan Minat Baca Perpusnas RI, Dra. Nani Suryani, M.Si menjelaskan, pihaknya telah melaksanakan berbagai program. Antara lain bantuan stimulan bahan bacaan ke berbagai perpustakaan. Perpusnas juga telah menggalakan program digital library melalui iPusnas yang mendukung multi operating system baik Android maupun IOS.

“Kami juga mendorong peran pemerintah daerah terhadap Gerakan Nasional Gemar membaca melalui dukungan Duta Baca Daerah yang telah diprogramkan secara nasional untuk meningkatkan minat baca”, pungkasnya.(dn/kominfo)